Jumat, 22 April 2016

SAR Nasional Hidayatullah Evakuasi Korban Banjir Bantaran Kali Bekasi


Tim “Hidayatullah Peduli” melakukan aksi bantuan kemanusian terhadap korban banjir yang merendam sejumlah permukiman warga di bantaran Kali Bekasi, Kota Bekasi, Jawa Barat, yang terjadi mulai Kamis (21/4) pagi kemarin.

Tim Hidayatullah Peduli ini membawahi beberapa unit lembaga yaitu relawan pencari serta pertolongan SAR Hidayatullah dibersamai oleh anggota Pemuda Hidayatullah, tim medis dari Islamic Medical Services (IMS), dan juga Laznas Baitul Maal Hidayatullah (BMH) yang memantau serta memastikan ketersediaan logistik di medan bencana.

Koordinator Lapangan (Korlap) Usman Abdul Hamid yang memimpin pasukannya sejak kemarin melaporkan bahwa hingga saat ini seluruh warga di Perumahan Pondok Gede Permai (PGP), Jatiasih, yang mengalami banjir hingga ketinggian 3 meter semua selamat. Pantauan Usman kemarin, sebanyak 3 blok di PGP yang semuanya digenangi air setinggi atap rumah.

“Alhamdulillah, tidak ada korban jiwa,” ujarnya kepada media ini melalui obrolan perangkat gawai baru baru ini.

Usman mengatakan saat ini air sudah tinggal selutut di daerah dalam. Namun di luar sudah nyaris kering.

“Sampai siang ini masyarakat fokus bersih-bersih rumah dan mengecek anggota keluarga yang sakit ke posko kesehatan yang dibuka IMS,” ujarnya.

Saat ini pemerintah masih terus berfokus pada perbaikan tanggul yang jebol serta memperbaiki saluran keluar masuk air kali. Sebagian besar rescuer sudah kembali ke posko masing-masing sembari mencari info yang dikeluarkan oleh BMKG dan tetap memantau melalui media.

“SAR Hidayatullah akan bertahan hingga bener-benar kondisi warga sudah nyaman,” kata Usman yang juga Sekretaris SAR Hidayatullah Pusat ini.

Sementara itu upaya pemulihan masih terus dilakukan. Umumnya masyarakat masih butuh obat-obatan, air minum, makanan, air bersih untuk cuci mandi kakus, serta kebutuhan pakaian buat ibu dan anak-anak.

“Alhamdulillah, sembako dan logistik lainnya dari BMH sudah disalurkan sejak malam sampai siang hari ini,” pungkasnya seraya berdoa bencana serupa tidak lagi terulang.

Seperti diwaIMG-20160422-WA052rta media, tanggul Kali Bekasi di Perumahan Pondokgede Permai (PGP), Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat, jebol pada Kamis (21/4) sekitar pukul 09.00 WIB. Dalam hitungan menit, luapan air Kali Bekasi sudah menggenangi seluruh perumahan warga.

Ketinggian air bahkan mencapai 3 meter dan sempat merendam sejumlah rumah hingga ke atap. Tanggul di ketiga RW itu mencapai 2,5 meter dan ada peninggian di sebagian tanggul mencapai satu meter. Namun, air meluap melewati tanggul yang belum ditinggikan, yakni di RW 08 atau tepatnya di bagian belakang Perumahan PGP Jatiasih.

Ratusan keluarga yang tidak sempat mengamankan barang-barang berharga hanya bisa pasrah melihat barang miliknya terendam banjir. Bahkan, beberapa warga lanjut usia yang belum dievakuasi terpaksa menunggu di lantai atas rumahnya.*/Ainuddin Chalik

Sumber: Hidayatullah.or.id

FOTO-FOTO








Related Posts

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *