This site requires JavaScript. This message will only be visible if you have it disabled.

SAR Hidayatullah Gelar Kegiatan Outbound Nasional Hidayatullah

SAR Hidayatullah Gelar Kegiatan Outbound Nasional Hidayatullah


DEPOK - SAR Hidayatullah didukung Laznas BMH menyelenggarakan kegiatan outbound nasional yang diikuti oleh segenap peserta Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Hidayatullah yang diselenggarakan di Kota Depok selama 3 hari mulai tanggal 29-31 Desember 2020. 

Acara Outbound Nasional Hidayatullah ini mengusung tema "Leadership, Team Work, Decision Making & Motivation" dengan jumlah peserta 130 orang yang tetap menerapkan standar protokol keamanan dan kesehatan pencegahan pandemi. 

Outbound ini dipandu langsung oleh para punggawa SAR Hidayatullah yang dipimpin langsung oleh Komandan Pusat SAR Hidayatullah Irwan Harun yang sekaligus menjad ketua instruktur kegiatan ini. 

Adapun peserta terdiri dari pengurus DPP Hidayatullah, pengurus DPW Hidayatullah Se Indonesia, unsur Amal Usaha Hidayatullah Se Indonesia, orpen Pemuda Hidayatullah, IMS, SAR Hidayatullah, SAI (Sahabat Anak Indonesia) dan Pos Dai. 

Kepala Humas SAR Hidayatullah Usman Hamid mengatakan outbound ini merupakan rangkaian kegiatan dari Rakernas Hidayatullah dalam rangka upgrading sumber daya insani pengurus. 

Dalam kegiatan ini peserta mendapatkan materi pembelajaran segala ilmu terapan yang disimulasikan dan dilakukan di alam terbuka dengan bentuk permainan yang efektif dengan menggabungkan antara intelegensia, fisik dan mental.

Peserta umumnya merupakan pengurus struktural Hidayatullah. Materi yang didapatkan dari kegiatan ini guna merangsang potensi berbagai dimensi setiap personal kader karena. Apalagi mengingat outbound merupakan sarana latihan yang diakui cukup trengginas. 

Selain membangun peningkatan hubungan kerjasama, solid, sinergi dan kekompakan tim atau kelompok, kegiatan semacam ini diharapkan merangsang terbangunnya teamwork untuk mencapai tujuan bersama serta kepekaan komunikasi sebagai cara menyampaikan informasi yang tepat kepada seseorang maupun kelompok.

Selain itu, dijelaskan Usman, kegiatan outbound ini juga diharapkan turut meng-upgrade kecakapan leadership dan organisatoris kader dalam suasana yang penuh dengan harmoni sambil melepas penat atau kejenuhan rutinitas. 

Lebih jauh, diharapkan dari kegiatan ini peserta mendapatkan ilmu materi yang disisipkan dalam permainan outbound, lebih mengenal dan peka terhadap lingkungan sekitar, membangun percaya diri dan mengasah kemampuan menganalisa kemampuan seseorang untuk keperluan manajemen. 

"Itu yang kita harapkan," pungkas Usman Hamid yang juga praktisi Ice Breaking For Public Speaker dan pendiri Rangrang Adventure ini.