Kamis, 16 Februari 2017

SAR Hidayatullah Gelar Latihan Operasi Penyelamatan Vertikal

JAKARTA - Dalam rangka meningkatkan kapasitas dan kompetensi relawan dalam penanganan bencana, SAR Hidayatullah menggelar pelatihan operasi penyelamatan vertikal atau Vertical Rescue.

Vertical Rescue sendiri adalah bagian dari operasi SAR yang dilibatkan pada saat Evakuasi (pemindahan korban) pada Medan Khusu vertical/terjal baik basah maupun kering.

Jadi dapat disimpulkan bahwa Vertical Rescue adalah Teknik Evakuasi (memindahkan ke lokasi yang lebih aman) obyek (baik barang maupun manusi/korban) dari titik rendah ke titik yang lebih tinggi atau sebaliknya, pada medan yang curam/vertical baik kering maupun basah.

Namun, tidak diketahui secara pasti, bagaimana sejarah lahirnya Vertical Rescue, mengingat hal ini timbul dan terbentuk dari komunitas pelaku aktivitas Panjat Tebing dan para penelusur gua.

Pelatihan ini berlangsung selama 3 hari (16-18 Februari 2017, yang digelar bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah DKI Jakarta dan Dinas Pemadam Kebakaran DKI Jakarta Timur.

Acara ini dibuka oleh Pembina SAR Hidayatullah yang juga Ketua Departemen Sosial DPP Hidayatullah, Muhammad Arasy Arhat, yang turut membersamainya Muhammad Musyaafir. Hadir juga pada kesempatan tersebut Ketua Pusat SAR Hidayatullah, Syaharuddin Yusuf dan Krisdiyanto selaku trainer.

Berikut dokumentasinya:













Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review