Jumat, 24 Juni 2016

Proses Evakuasi Resmi Dihentikan, Masih Ada Empat Orang Korban Longsor Belum Ditemukan

Kepala Basarnas Kantor SAR Semarang, Agus Haryono mengumumkan pencarian korban longsor di Desa Donorati dan Caok, Purworejo serta di Desa Sampang, Kebumen dihentikan alias ditutup, Jumat (24/6/2016) sore, sekira pukul 16.00 WIB.

Penghentian operasi itu ditutup secara resmi oleh Bupati Purworejo, Agus Bastian dan Bupati Kebumen, HM Yahya Fuad.

"Tim gabungan kami sudah berjibaku melalukan pencarian korban-korban di tiga desa sekaligus selama tujuh hari ini. Hasilnya, masih ada empat korban longsor yang belum kami temukan," ungkap Agus Haryono dilansir media.



Menurut Agus, penutupan proses evakuasi itu sudah berdasar pertimbangan dari berbagai aspek, di antaranya, kecilnya kemungkinan untuk temukan korban selamat.

"Pun bisa ditemukan, biasanya kondisi jenazah sudah rusak sehingga membahayakan kesehatan tim pengevakuasi. Kami mengantisipasi hal demikian pula," terang Agus.

Selain itu, Agus mengimbuhkan pihak keluarga korban yang jenazah kerabatnya belum ditemukan, sudah ikhlas.

"Bukan berarti pencarian dihentikan sama sekali, karena masih ada relawan dan masyarakat setempat yang berupaya mencari para korban sambil melakukan upaya-upaya pemulihan dan perbaikan sarana-prasarana yang rusak," bebernya.

Terpisah, Bupati Kebumen, HM Yahya Fuad mengucapkan rasa terima kasihnya kepada seluruh tim yang terlibat dalam pencarian warganya yang tertimpa longsor.

"Pemerintah Kabupaten Kebumen sangat terbantu dengan upaya usaha tim SAR gabungan untuk membantu proses pencarian korban tanah longsor," ujar Yahya dalam keterangan persnya.

Senada, Bupati Purworejo, Agus Bastian pula mengungkapkan rasa terima kasih terhadap seluruh unsur yang terlibat dalam pencarian korban longsor baik di Donorati maupun di Caok.

Hingga operasi SAR ditutup masih, ada tiga korban di Purworejo yakni Slamet, Jumadi dan Saman yang belum ditemukan. Sedangkan di Kebumen tinggal satu yaitu Sutinyem. (*)

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review